Selasa, 05 Februari 2013

Warnailah hidup kita dengan kreatif

Suatu kali saya membaca lini masa kawan saya Yonara yang sedang menulis hestek #101CreativeNotes nya Bang Yoris. Ada yang belum kenal sama Yoris? Googling aja deh, hehehehe,..... Yoris adalah orang yang gak asing didunia perkreatifan. I Like Monday adalah hasil buah kreatifnya. Dan saya adalah orang yang selalu tergila-gila dengan kata-kata "KREATIF" sejak saya lahir, begitu penuturan orang tua saya.
Setelah membaca hestek #101CreativeNotes saya langsung memensen Bang Yoris untuk menanyakan keberadaan Buku #101CreativeNotes. Yup, akhirnya saya tahu kalau #101CreativeNotes itu bukanlah #kultwit melainkan Buku barunya Bang Yoris. Didunia digital seperti sekarang ini, kita sangat dimudahkan untuk terhubung dengan orang lain dibelahan dunia lain, bahkan dengan orang-orang hebat dan super sibuk. Akhirnya, Bang Yoris dan salah satu follower saya me-reply bahwa buku #101CreativeNotes tersebut sudah nongkrong di Gramedia sejak 3 Januari. Okeh, fine... kalau ada waktu saya langsung cuz ke Gramedia.

Penampakan buku #101CreativeNotes

Dan kemudian saya dan istri berkesempatan untuk ke lanjalan ke Gramedia untuk mencari dan membeli Buku #101CreativeNotes itu. Saya cari di kelompok-kelompok buku BARU dan buku LARIS gak ada, malahan saya nemu buku yang cover nya eye catching banget. Buku itu bercover hitam dengan sebuah logo yg dibawahnya bertuliskan Sila ke-6 dan tulisan caps lock KREATIF SAMPAI MATI.

Ini Penampakan Buku #KSM

Penulis Buku Kreatif Sampai Mati ini adalah Wahyu Aditya atau biasa dikenal dengan Mas Waditya. Sosok kreatif yang pernah bekerja di Trans TV ini sekarang lebih dikenal dengan KDRI nya kependekan dari Kementerian Desain Republik Indonesia yang belum/tidak disahkan.

Karena buku #101CreativeNotes nya Bang Yoris belum ketemu akhirnya saya meminta tolong ke Pramuniaga untuk mencarikan buku tersebut. Dan saya pun menuju ke Kasir dengan membeli dua buah Buku Kreatif itu. Dan maaf sekali lagi maaf, saya tidak akan meminjamkan dua buah buku ini karna buku ini menjadi semacam buku panduan kreatif buat saya.

Sekarang, coba kalian bandingkan dari segi cover untuk dua buah buku diatas. Jika kalian dihadapkan dengan dua buah buku tersebut dan diwajibkan untuk membaca keduanya, kira-kira buku apa yang akan dibaca terlebih dahulu tanpa dipersilahkan membuka-buka isi didalamnya? Saya termasuk orang yang akan melihat/membeli/memegang sebuah buku dengan melihat cover depannya terlebih dahulu. Jadi saya orang yang sering melanggar aturan tidak baku "Don't Judge a book by a cover". Dan dari kedua buku diatas saya melihat bahwa yang paling eyecatching n kreatif adalah buku #KSM nya Mas Waditya.

Dan ternyata, tebakan saya kali inipun benar bahwa isi dari buku #KSM nya Mas Waditya jauh lebih asyik n kreatif dibandingkan dengan buku #101CreativeNotes nya Bang Yoris pun jika dibandingkan dengan Buku #CreativeJunkies nya Bang Yoris. Konsep Scrapbook yang ditawarkan oleh Mas Waditya sangat menggambarkan bahwa Mas Waditya adalah orang yang emang sudah kreatif sejak lahir, diperkuat dengan cerita-cerita yang ada didalamnya. Lalu bagaimana dengan Bang Yoris? Buku-buku Bang Yoris semuanya bagus dan kaya ilmu dan beliau mengajarkan bahwa sekalipun orang gak terlahir sebagai orang yang kreatif, kita tetep bisa mengasah kreatifitas kita.

See,... saya sendiri merasa bahwa saya adalah orang model Bang Yoris yang tergila-gila dengan orang kreatif model Mas Waditya. (di-Aamiin-in aja deh, hehehehe,....)

Anyway, bahwa emang menurut saya kreatif itu memang bener2 sangat dibutuhkan oleh Bangsa ini dan semua yang ada didalamnya. Kreatif bukan hanya bisa digunakan di bidang kesenian, akan tetapi kreatif itu bisa diterapkan diseluruh aspek kehidupan kita. 

Sekarang saya coba menggambarkan letak "kreatif" dalam 24 jam kita:
Ketika kita sedang tidur dan berharap akan bangun pukul 3 maka kita seringkali membunyikan alarm entah itu jam alarm ataupun aplikasi alarm yang ada di Handphone. pembuat jam alarm dan aplikasi alarm ini adalah orang-orang yang kreatif dan mereka me remix dari penemuan yang sudah ada menjadi penemuan baru yang tak kalah bermanfaat. Jika kita termasuk orang yang susah bangun sekalipun ada alarm berbunyi didekat telinga kita, maka jika kita kreatif kita bisa menambah jam alarm sebanyak mungkin hingga suaranya bisa membuat semua tetangga terjaga dan melempari rumah kita, kalo udah gitu gak mungkin gak bangun kan?
Ketika kita akan membersihkan diri ada banyak sesuatu yang kreatif yang dilakukan orang mulai dari mandi hanya disiram air, ada yang ditambahi dengan sabunan, ada yang ditambahi lagi dengan sikat gigi, ada yang ditambahi lagi dengan shampoan, ada yang sambil menyanyi, ada yang melamun, ada yang tertidur. dan saya biasa melakukannya bergantian semua sekali-kali agar suasana dikamar mandi bisa berganti-ganti, hehehehe,.... (gak usah dibayangkan ya,...)
Dalam beribadah pun ada yang pake kaos, ada yang pake baju koko, ada yang pake gamis, ada yang gak pake baju, ada yang pake sarung, ada yang pake celana panjang, ada yang pake celana dilipat hingga diatas mata kaki, ada yang pake celana 7/8. see??? jangan tanya mana yang salah mana yang bener ya, semua tergantung apa yang kalian yakini.
Berangkat sekolah/kerja pun ada yang pake sepeda mulai sepeda tua, fixie, bmx, sepeda gunung, sepeda mini, sepeda motor pun mulai dari vespa, matic, bebek, sepeda lakik, ada pula yang naik mobil sendiri, mobil jemputan, mobil angkutan, ada yang naik becak pun juga yang jalan kaki sampek berlari.
ada yang langsung berangkat, ada yang masih jemput pacarnya, jemput selingkuhannya, jemput temannya, jemput musuhnya, ada pula yang lewat jalan memutar.
ada yang bekerja dan belajar didalam ruangan, di taman, dikafe, dilapangan hingga diatap rumah.
istirahat siang pun ada yang tidur di kursi, meja kantor, musholla, pulang kerumah.
sore hari ada yang istirahat dirumah, ada yang jalan-jalan/olahraga sore, ada yang nonton di bioskop, ada yang ke kebun, ada yang ke cafe, ada yang berkegiatan sosial, ada yang rapat.

Wah, terlalu banyak hal-hal kreatif yang bisa kita lakukan dalam kehidupan kita. Lalu manfaatnya dimana? Wah terlalu banyak juga manfaatnya mulai dari merefresh otak kita, membuat hidup lebih berwarna, menghilangkan kebosanan, pun sampek menghasilkan uang.

Dan hidup saya sudah cukup berwarna dengan rutinitas saya yang seringkali spontan. dengan membaca dua buku diatas saya berharap kreativitas yang saya miliki dapat menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik lagi bagi kehidupan saya.

Bagaimana dengan kalian? Apakah hidupnya sudah berwarna? Kalau belum segera baca buku diatas deh, ada tambahan lagi kalau masih cukup uang untuk beli buku belilah buku-bukunya Mas Arif Budiman (@mybothsides) Petak Umpet. Selamat Berkreatifitas ya :)

5 komentar:

  1. terima kasih atas rekomen buku kreatifnya... Mari berharap semoga generasi bangsa ini tersisa orang-orang yang kreatif positif. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih jg sudah nge-share link blog ini, hehehe,... Smoga senantiasa memberi manfaat ya,... ;)

      Hapus
  2. Hai, salam kenal. Sy pengunjung baru :) Makasih rekomendasi bukunya. Sepertinya sy tertarik sama buku yang KSM. Jd pengen beli, hihii. Cz sy jg suka sama hal2 yg berbau kreatif & unik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mw beli langsung beli ke distrokdri.com saja biar bisa dapat tandatangan dari MasWaditya n karikatur dari beliau, hehehe,... saya baru dapat info ini setelah beli bukunya :(

      Hapus
  3. wah mas kalo ada buku tentang gitu2 lagi kasih tau ya

    BalasHapus