Senin, 05 November 2012

Pecel Pincuk Garahan

Ketika kemaren seharian nemenin Mas Imam Subchan, saya kebingungan sekali ketika ditanya, "Makanan khas nya Jember apa?"
Kalo suwar suwir itu Oleh2 Khas nya Jember Mas, saya jawab begitu.

Iya saya tahu, saya nyari makanan khas nya. Kayak nasi lodho tulungagung, gudeg jogja, rujak soto banyuwangi.

Dan sayapun menyerah. Akhirnya beliau nya pun pasrah dg ajakan saya utk menikmati makanan timur tengah nya Warung 4 Mata.

Sampai beliau pulang pun saya masih kebingungan sampek inisiatif pengen bikin makanan khas jember.

Tiba-tiba ketika akan berangkat kantor, saya melewati Salon JFC.
"Tuing" seperti ada lampu berpijar di atas kepala *kartunmodeon

Ini jawaban yang saya cari, Pecel Garahan.

Memori saya jadi terlempar jauh ke masa lalu ketika setiap libur sekolah dasar saya selalu berkunjung ke rumah nenek di banyuwangi.
Dan ketika kereta ekonomi yang saya naiki berhenti di stasiun garahan, hampir semua penumpang melongokkan kepalanya keluar bahkan ada yg berlari kepintu gerbong utk berebut keluar.
Yup, mereka semua membeli pecel garahan. Termasuk bapak saya.

Saya yang lahir dan besar di Bondowoso dan hidup dr keluarga yang gak suka makanan pedas (ketika itu) tetap selalu merengek untuk minta dibelikan pecel garahan yang pedasnya luar biasa itu.

Mbak-mbak menyunggi bakul dan menyajikan pecel dengan daun pisang yg dipincuk.
Isinya nasi, sayur kubis, kecambah, kacangpanjang disiram bumbu pecel dengan lauk tempe yg masih hangat dan kerupuk. Waktu itu tahun 90'an saya beli sepincuk pecel itu dg harga 750 rupiah.

Ketika sudah ada wisata kuliner pecel garahan saya pun pernah mencobanya, tapi rasa nya beda dg pecel pincuk yg dulu sering saya makan.

Entah yg ada di stasiun garahan. Saya pengen nyoba, apakah masih ada ato sudah pindah ke wiskul pecel garahan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar